Sukses

[VIDEO] 40 Jasad Ditemukan, Korban Banjir India Bertambah

Jumlah korban tewas akibat banjir disertai longsor di Negara Bagian Uttarakhand, India terus bertambah.

Jumlah korban tewas akibat banjir disertai longsor di Negara Bagian Uttarakhand, India terus bertambah. Hingga kini, dilaporkan jumlah korban tewas yang ditemukan bertambah menjadi 680 jiwa setelah ditemukan 40 jasad di Sungai Gangga.

Dalam tayangan Liputan6 Pagi SCTV, Minggu (23/6/2013) tingginya intensitas hujan memicu banjir disertai tanah longsor yang melanda New Delhi, Deharadun dan Kedarnath, Negara Bagian Uttarakhand, India. Arus air banjir begitu kuat hingga banyak bangunan hanyut. Jalan-jalan utama pun rusak berat.

Banjir dahsyat ini semakin meluas ke seluruh wilayah Negara Bagian Uttarakhand. Patung raksasa dewa siwa terendam hingga kepala.

Tim penyelamat kembali menemukan sejumlah mayat di sekitar Sungai Gangga. Ada lebih dari 40 jenazah yang ditemukan pada Sabtu 22 Juni 2013 kemarin.

Kondisi paling memprihatinkan ada di Desa Kedarnath. Setelah diterpa banjir dahsyat, lebih dari 50 mayat korban ditemukan. Jenazah belum bisa dievakuasi karena jalur darat terputus. Evakuasi akan dilakukan melalui udara dengan menggunakan helikopter.

Pada saat banjir datang, sekitar 60 ribu peziarah umat Hindu yang sedang memperingati hari keagamaan di situs-situs suci di Pegunungan Himalaya.

Sebagian dari peziarah telah diselamatkan. Sedangkan sisanya masih terjebak di daerah peribadatan, Wilayah Uttarakhand disebut sebagai tanah Tuhan mengingat banyaknya kuil hindu di kawasan tersebut.

Hingga kini total korban tewas 680 jiwa. Dari jumlah tersebut, baru 83 korban yang bisa diidentifikasi. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.