Sukses

Kepala BNPB Gelar Pasukan Penanggulangan Asap di Riau

Upaya penanggulangan bencana asap di Riau terus dilakukan. Kepala BNPB Syamsul Maarif langsung memimpin operasi penanggulangan asap.

Upaya penanggulangan bencana asap di Riau terus dilakukan. Kepala BNPB Syamsul Maarif langsung memimpin operasi penanggulangan asap di lapangan.

Gelar pasukan dilakukan di Lanud TNI AU Roemin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/6/2013). Apel diikuti 500 personel dari TNI, Polri, manggala agni, pemadam kebakaran, BPBD dan relawan. Hadir dalam apel tersebut Menteri Lingkungan Hidup Baltasar Kambuaya, Deputi I Kemenkokesra, pejabat BNPB, dan Kapolda.

"Penanggulangan bencana asap dilakukan dengan 3 strategi, yaitu penegakan hukum, pemadaman kebakaran di darat dan dari udara, serta sosialisasi secara menyeluruh," kata Syamsul dalam keterangan tertulis.

Sedangkan Baltasar menyatakan saat ini sedang dilakukan penyelidikan perusahaan yang ada di Riau untuk mengetahui siapa yang melakukan pembakaran. Nantinya akan dilakukan proses hukum.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, saat ini, sudah ada 2 helikopter Bolco BNPB dan 1 helikopter Colibri yang dilengkapi bambi bucket, dan 1 pesawat Casa 212.

"Pesawat Hercules C-130 TNI AU sudah berangkat dari Lanud Halim Perdanakusumah Sabtu pagi pukul 09.30 WIB. Sedangkan pesawat Casa 212 versi rain making BPPT berangkat pukul 07.00 WIB," tutur Sutopo.

Lanjut Sutopo, 2 helikopter telah terbang melakukan survei dan pemadaman dengan teknik pemboman air dari udara. Setelah apel, Kepala BNPB bersama Danrem Pekanbaru dan Wakil Gubernur Riau akan ke Bengkalis dan Rokan Hulu untuk koordinasi dengan Bupati setempat. 1 Pesawat Casa akan segera terbang melakukan survei dan penyemaian awan.

"BNPB kemarin memberikan bantuan logistik kepada BPBD Riau berupa 10.000 masker, family kits 50 paket, 100 paket peralatan dapur, dan lainnya," urai Sutopo.

Berdasarkan pantauan citra satelit Terra MODIS NASA pada Jumat 21 Juni kemarin, kebakaran lahan dan hutan masih berlangsung di sekitar Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai yang asapnya ke arah timur. Sedangkan kebakaran di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hilir asapnya mengarah ke tenggara. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini