Sukses

[VIDEO] Yuk! Naik Maket Monorel di Monas

Kereta monorel ini sudah bisa kita jejaki mulai Sabtu ini yang bertepatan dengan ulang tahun Jakarta.

Mau melihat langsung salah satu transportasi masa depan di Jakarta, si monorel? Yuk datang ke Monumen Nasional (Monas).

Kereta monorel ini sudah bisa kita jejaki mulai Sabtu (22/06/2013) ini yang bertepatan dengan ulang tahun Jakarta, mulai pukul 17.00 WIB. Nantinya, pameran monorel ini akan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Jakarta dan sekaligus mengedukasi masyarakat mengenai monorel, kami konsorsium BUMN mengadakan pameran monorel," kata Corporate Secretary PT Adhi Karya Amrozi Hamid kepada Liputan 6 Siang SCTV.

Amrozi menuturkan, acara ini akan dilaksanakan hingga 7 Juli mendatang dengan waktu operasional mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. "Jadi masyarakat bisa melihat langsung bentuk monorel yang akan kami bangun," tuturnya.

"Kami evaluasi dari hasil survei, sekitar 65 persen kendaraan masuk melalui Jagorawi dan Cikampek. Sehingga berdasarkan hasil itu, kami putuskan untuk bangun daerah itu terlebih dahulu, yakni Cibubur-Cawang dan Bekasi Timur-Cawang," jelasnya.

Dengan menggunakan monorel ini, waktu tempuh perjalanan bisa dihemat. Untuk perjalanan dari Bekasi Timur ke Cawang di Jakarta Timur hanya diperlukan waktu sekitar 24 menit.

"Kecempatan maksimal kereta ini kami desain hingga 80 km/jam, tapi untuk operasionalnya kami pasang di angka 30 km/jam. Para penumpang akan dipatok dengan Rp 1.000 per km nya. Jika dari Bekasi Timur ke Cawang sekitar Rp 19 ribu," pungkas Amrozi. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.