Sukses

Harga BBM Naik, Tarif Bus Antar-Provinsi Melambung 27%

Mulai Sabtu (22/6/2013) harga BBM resmi naik. Perusahaan jasa transportasi di sejumlah daerah pun langsung melakukan penyesuaian tarif.

Mulai Sabtu (22/6/2013) harga BBM resmi naik. Perusahaan jasa transportasi di sejumlah daerah pun langsung melakukan penyesuaian tarif penumpang.

Salah satu perusahaan yang melakukan penyesuaian tarif angkutan adalah bus Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu yang merupakan angkutan antar kota antar provinsi. Dua angkutan massal jurusan Yogyakarta-Surabaya dan Semarang-Surabaya ini secara resmi menaikkan tarif sebagai konsekuensi kenaikan harga BBM jenis solar, dari Rp 4.500 menjadi Rp 5.500.

Untuk jurusan Solo-Surabaya misalnya, kedua bus kelas ekonomi ini telah melakukan penyesuaian tarif hingga Rp 8 ribu, dari sebelumnya Rp 30 ribu, menjadi Rp 38 ribu atau naik sekitar 27% dari tarif sebelumnya. Penyesuaian tarif juga diberlakukan untuk rute pendek seperti Solo-Yogyakarta, dari Rp 7 ribu menjadi Rp 9 ribu.

Hingga kini, penyesuaian tarif bus memang belum diberlakukan pada semua bus yang memiliki jurusan sama. Kenaikan tarif yang ada merupakan kebijakan masing-masing perusahaan.

Bus Eka dan Mira jurusan Yogyakarta-Surabaya misalnya, hingga kini masih memberlakukan tarif lama meski harga solar telah naik. Kenaikan tarif bus ini diperkirakan baru akan dilakukan setelah ada pertemuan dengan Organda Surabaya pada pekan depan.

Saran Kementerian Perhubungan yang menyatakan kenaikan tarif angkutan umum tidak boleh melebihi 10% ternyata tidak direspons oleh perusahaan angkutan umum, terutama bus lintas provinsi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini