by

[VIDEO] Banjir Dahsyat, Korban Banjir India 550 Orang

  • Internasional
  • 0
  • 22 Jun 2013 04:43

Jumlah korban tewas akibat banjir disertai longsor di negara bagian Uttarakhand, India terus bertambah. Hingga saat ini korban tewas akibat bencana itu mencapai lebih dari 550 jiwa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Sabtu (22/6/2013), sejak beberapa hari lalu hujan selama 60 jam memang melanda kawasan New Delhi, Deharadun dan Kedarnath yang berada di negara bagian Uttarakhand India. Musim hujan yang datang lebih cepat dibanding biasanya, serta intensitas hujan yang dua kali lebih lebat pun menyebabkan banjir dahsyat itu terjadi.

Ribuan bangunan roboh tersapu banjir, kendaraan hanyut tersapu air bah serta badan jalan rusak. Banjir juga memicu tanah longsor, bahkan sungai-sungai di sekitar New Delhi dan Deharadun meluap. Hingga Jumat 21 Juni, hujan deras masih terjadi di wilayah Rudraprayag dan Chamoli. Akibatnya Sungai Gangga berada dalam status bahaya.

Sejauh ini, telah ditemukan 556 mayat korban banjir. Jumlah itu dikhawatirkan akan terus bertambah, apalagi sekitar 5 ribu warga masih dinyatakan hilang. Sedangkan 33 ribu penduduk telah dievakuasi, dan 50 ribu lainnya masih terjebak banjir.

Lebih dari 5 ribu tentara diterjunkan ke wilayah pengungsian untuk mengevakuasi warga. Mereka terkonsentrasi di sekitar wilayah Kedarnath, sebab di wilayah itu terdapat lebih dari seribu peziarah yang sedang beribadah di kuil saat banjir melanda.

Proses evakuasi korban banjiir tidak lancar, akibat terputusnya akses ke sejumlah wilayah. Belum lagi cuaca buruk yang semakin menyulitkan proses penyelamatan. (Tnt)

(Tanti Yulianingsih )
Comments
Sign in to post a comment