Sukses

Mahasiswa UBK Kembali Blokir Jalan Diponegoro Menteng

Tidak terlihat polisi yang membubarkan aksi blokir Jalan Diponegoro di Menteng, Jakarta Pusat ini.

Aksi blokir jalan juga dilakukan oleh puluhan mahasiswa Universitas Bung Karno. Mereka menutup Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, yang menghubungkan Jalan Cikini menuju Salemba Raya. Akibatnya, kemacetan mengular.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (21/6/2013), aksi itu dimulai sekitar pukul 21.00 WIB. Mereka memusatkan aksi blokir jalan di depan Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) atau depan kantor Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Para mahasiswa bernyanyi dan berorasi dan meletakkan batu di tengah jalan. Mereka hanya memberi satu ruas untuk akses melintas dari Cikini ke Salemba. Kemacetan pun terjadi hingga ke Megaria. Hingga saat ini, belum tampak polisi yang bersiaga.

Tak jauh dari aksi mahasiswa UBK, mahasiswa YAI juga melakukan unjuk rasa di Jalan Salemba Raya. Para mahasiswa membawa spanduk bertuliskan "LPT YAI Tolak Kenaikan ВВМ!" Mahasiswa berorasi dengen mengecam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.

Mereka juga membakar ban bekas di jalanan dan memblokir setengah jalan dari Salemba. Sehingga jalan satu arah dari Jalan Diponegoro menuju Jalan Salemba Raya padat tersendat. Orasi para demonstran juga diiringi dengan lagu-lagu perjuangan yang bertemakan perjuangan dan kemerdekaan.

Di tempat yang sama, para polisi yang mengamankan aksi demo ini terlihat santai. "Pengaman tidak ada. Saya hanya memantau. Sampai saat ini aksi demonstran tetap menyuarakan penolakan terhadap kenaikan harga BBM," kata Kapolsek Senen Kompol Kartono. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini