Sukses

Atasi Asap Riau, 7 Pesawat dan 3 Helikopter Pembom Air Dikerahkan

Kabut asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan di Kepulauan Riau sudah dikeluhkan Singapura.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan sejumlah pesawat terbang dan helikopter untuk memadamkan api yang membakar lahan di wilayah Kepulauan Riau. Kebakaran itu harus segera dipadamkan karena asap yang dimunculkan sudah dikeluhkan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

"Kami operasikan 7 pesawat dan 3 helikopter untuk membantu memadamkan kebakaran lahan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Menurut Sutopo, 7 pesawat itu terdiri dari 6 pesawat jenis Cassa dan 1 pesawat Hercules 130 milik TNI AU. "Satu pesawat Cassa dari Banjarmasin sudah tiba dengan membawa 1 ton garam. Sedangkan 1 pesawat Cassa dari Halim Perdanakusuma juga sudah berangkat," tambahnya.

Sedangkan 3 helikopter yang disiapkan untuk proses pemboman air juga sudah diberangkatkan ke Kepulauan Riau. Namun hingga saat ini belum ada kabar apakah helikopter sudah sampi atau belum.

"Kami masih menunggu perkembangan selanjutnya," tutur dia. Sutopo menambahkan, selain TNI, BNPB juga dibantu oleh Satgas Brimob dalam pemadaman titik api di Riau ini.

Selain melakukan pemadaman lanagsung, BNPB juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pemimpin perusahaan yang berhubungan dengan lahan. Sebab, kebakaran itu banyak terjadi di lahan milik perusahaan-perusahaan perkebunan.

"Agar penting mengetahui bahayanya kebakaran hutan dan lahan yang bisa mengganggu kehidupan aspek sosial ekonomi secara nasional ataupun global," ujar Sutopo. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.