Sukses

Jokowi Ultah, Eva PDIP: Jokowi Soekarno Banget

Jokowi lahir di Surakarta, 21 Juni, 52 tahun lalu. Sementara Bung Karno meninggal dunia pada tanggal yang sama pada 21 Juni 1970.

Politisi PDIP Eva Sundari berbagi kisah tentang sosok Joko Widodo. Kisah itu diberikan Eva bertepatan dengan hari lahirnya Gubernur DKI Jakarta yang sering dipanggil Jokowi itu.

Menurut dia, Jokowi seperti sosok yang melahirkan ideologi milik PDIP, Soekarno. "Jokowi itu bukan saja paham soal Soekarno tapi juga menjalani cara Soekarno," kata Eva dalam pesan singkatnya, di Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Menurut dia, pria asli Surakarta yang lahir pada 21 Juni 1961 itu memiliki pikiran dan tindakan seperti sang Proklamator. Terutama dalam perihal menyatu dengan wong cilik atau rakyat.

"Berpikir dan bertindak seperti Soekarno. Dari tindakan-tindakan yang menyatu dengan rakyat adalah Soekarno banget," ujar Eva.

Tindak tanduk Jokowi yang menyatu dan cinta warganya, kata Eva, sangat mirip dengan Soekarno. "Bung Karno itu mencintai rakyat begitu meluap sekaligus menjaga martabat," ungkap dia.

Setipe juga dengan penolakan-penolakan Jokowi terhadap intervensi asing, kata Eva, itu sangat mirip dengan sosok Bung Karno. "Nolak bantuan World Bank karena njlimet, bikin kita kayak jongos," ucap anggota Komisi III DPR RI itu.

Jokowi lahir di Surakarta, 21 Juni, 52 tahun lalu. Sementara Bung Karno meninggal dunia pada tanggal yang sama pada 21 Juni 1970.

Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta terhitung sejak 15 Oktober 2012. Ia merupakan gubernur ke-17 yang memimpin ibu kota Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi menjabat Wali Kota Surakarta (Solo) selama dua periode, 2005-2010 dan 2010-2015, namun baru 2 tahun menjalani periode keduanya, ia mendapat amanat dari warga Jakarta untuk memimpin Ibukota. Dalam masa jabatannya di Solo, ia didampingi FX Hadi Rudyatmo sebagai wakil walikota. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini