Sukses

Demo Tolak BBM Naik, Mahasiswa Jayabaya Tutup Tol Cempaka Putih

"Kalau perlu kami tutup juga pintu tol ke luar Gudang Garam," kata koordinator aksi Riski.

Mahasiswa Universitas Jayabaya, Jakarta, berencana menutup pintu Tol Wiyoto Wiyono di Jalan Ahmad Yani, Pulomas, Jakarta Timur. Aksi ini dilakukan sebagai protes atas rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilakukan oleh pemerintah.

"Kami akan gelar aksi menutup pintu Tol Ahmad Yani, kalau perlu kami tutup juga pintu tol ke luar Gudang Garam. Kenaikkan BBM hanya akan membuat banyak rakyat jadi miskin," kata koordinator aksi Riski di Kampus Jayabaya, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Mahasiswa yang akrab disapa Pepe ini menambahkan, aksi demo rencananya akan diikuti ratusan mahasiswa Jayabaya dari berbagai fakultas. "Kebetulan Ujian Akhir Semester (UAS) hari ini juga selesai. Sekarang kami lagi koordinasi sama elemen mahasiswa yang ada," tambahnya.

Pantauan Liputan6.com, puluhan mahasiswa sedang membuat spanduk, anta lain bertuliskan "Turunkan SBY-Boediono, kenaikkan BBM akan membuat Rakyat Menderita". Selain itu, massa sudah menyiapkan logistik demo berupa air mineral dan odol guna untuk mengurangi efek gas air mata yang kemungkinan akan digunakan aparat untuk membubarkan mereka.

Aksi menentang kenaikan harga BBM ini tak hanya dilakukan oleh mahasiswa di Jakarta. Di sejumlah daerah, mahasiswa dari berbagai kampus juga telah menggelar unjuk rasa menolak kenaikan BBM. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.