Sukses

Buruh Cikarang Demo BBM Naik, Ancam Blokir Tol

"Seluruh kawasan industri di Cikarang dan Cibitung Bekasi sudah lumpuh total, ribuan pabrik sudah berhenti beroperasi," kata Said Iqbal.

Ribuan buruh di Kawasan Industri Cikarang dan Cibitung Bekasi, Jawa Barat, melakukan aksi unjuk rasa. Para buruh menentang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang akan diberlakukan pemerintah.

"Seluruh kawasan industri di Cikarang dan Cibitung Bekasi sudah lumpuh total, ribuan pabrik sudah berhenti beroperasi," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/6/2013).

Menurut Iqbal, saat ini ribuan buruh sudah keluar dari pabrik-pabrik untuk berdemonstrasi. "Kemungkinan aksi yang sama akan melumpuhkan Kawasan Industri Pulogadung dan Karawang," sambungnya.

Dia menambahkan, saat ini jumlah tentara dan polisi yang menjaga aksi buruh itu bertambah banyak. Tentara dan polisi berjaga di Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP), Jababeka, Hyundai, Lippo, Delta Silicon, dan MM 2100 di Cikarang. "Karena dikhawatirkan ratusan ribu buruh akan menutup jalan tol untuk menolak kenaikan harga BBM," tambah dia.

Aksi unjuk rasa ini, kata dia, juga dilakukan serempak oleh buruh di beberapa daerah di antaranya Bogor, Depok, Tangerang, Serang, Cilegon, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, dan daerah lainnya. "Bila pemerintah tetap menaikkan harga BBM tahun ini, 10 juta buruh akan mogok nasional pada 16 Agustus mendatang," tutur Said.

Selain menuntut pembatalan rencana kenaikan harga BBM, para buruh ini juga menuntut kenaikan upah sebesar Rp 50 persen. Aksi kali ini juga untuk mempersiapkan aksi mogok kerja nasional. (Eks/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini