Sukses

Demo Tolak BBM Naik, Mahasiswa Unas Tutup Jalan Sawo Manila

Demo mahasiswa Unas menolak kenaikan harga BBM diwarnai bakar ban dan menutup jalan.

Ratusan mahasiswa Universitas Nasional (Unas) Jakarta, menggelar aksi menolak kenaikan harga BBM di depan kampus mereka di Jalan Sawo Manila, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dalam aksi tersebut, mahasiswa membakar ban dan menutup jalan.

Pantauan Liputan6.com, setelah sebelumya sempat melakukan aksi di dalam kampus, para mahasiswa kemudian keluar dari kampus dan membentuk barisan menutup Jalan Sawo Manila yang merupakan akses jalan menuju Jalan Raya Ragunan dan jalan Raya Pasar Minggu.

Akibat aksi tutup jalan itu, arus lalu lintas di ruas jalan tersebut menjadi terhambat dan menimbulkan kemacetan panjang. Namun, setelah sempat ditutup total, kendaraan yang sempat terhenti, akhirnya terpaksa melewati ruas jalan akses menuju Kampus Unas untuk melanjutkan perjalanan.

Selain menutup jalan, mahasiswa Unas juga membakar ban di tengah jalan, mereka pun secara bergantian melakukan orasi menolak kenaikan harga BBM.

"Suara mahasiswa adalah suara rakyat, naiknya BBM hanya akan menyengsarakan rakyat. Dengan iming-iming BLSM, pemerintah membodohi dan memiskinkan rakyatnya," ujar salah seorang orator.

Karena menutup jalan dan membakar ban, petugas dari Polsek Pasar Minggu yang mengawasi jalannya aksi, sempat melarang aksi para mahasiswa tersebut. Polisi meminta agar para mahasiswa membubarkan diri dan tidak membakar ban, namun perintah polisi tak dihiraukan mahasiswa.

"Saya minta kepada adik mahasiswa waktu menyampaikan pendapat sudah habis. Kami minta dalam 30 menit kalian membubarkan diri," kata Kapolsek Metro Pasar Minggu Komisaris Polisi Adri Desas Furyanto di lokasi aksi, Kamis (20/6/2013).

Polisi sempat memukul mundur mahasiswa masuk ke dalam kampus, namun upaya polisi tersebut mendapatkan perlawanan dari mahasiswa. Polisi akhirnya membiarkan para mahasiswa melakukan aksinya itu.

Hingga kini aksi masih berlanjut, mahasiswa terus menyampaikan aksi penolakan kenaikan BBM. Puluhan polisi dari Polsek Pasar minggu pun tampak masih berjaga di sekitar kampus. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini