Sukses

Sutan: SBY Pasti Kurangi Menteri PKS

Pengurangan itu terkait sikap membangkang PKS dengan menolak kebijakan pemerintah untuk menaikan harga BBM.

Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana memastikan Presiden SBY akan mengurangi jatah menteri dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hal ini untuk memastikan sikap kompak dari seluruh partai yang tergabung dalam Sekretaris Gabungan Koalisi partai pendukung pemerintah.

Pengurangan itu terkait sikap membangkang PKS dengan menolak kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak dan menolak APBN Perubahan 2013. "Pasti ada jatah menteri dikurangi. Kalau nggak, nanti partai lain ikut," kata Sutan di Komplek Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Namun, menurut dia, pengurangan menteri itu adalah hak prerogatif Presiden SBY. Namun, Sutan menilai keputusan itu berdasarkan sikap pembangkangan PKS, yang tidak hanya terjadi kali ini.

"Dulu pernah begini PKS. Kalau mereka tidak dikeluarkan, bicara kita juga sudah tidak enak. Mungkin akan dikurangi. Bisa saja 2, kuat nggak barang itu kalau cuma 1," kata dia.

Menurutnya, pembangkangan PKS pasti akan mendapatkan penindakan tegas dari Ketua Setgab, SBY. "Mereka ini apa sebenarnya, koalisi atau oposisi. Ini kan sudah tidak kondusif, harus ada tindakan itu," tegas Sutan. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.