Sukses

SBY: Masih Banyak Cara Berpolitik yang Mendidik

Pujian itu diberikan karena menurut Presiden, para menteri terkait dan anggota DPR telah mengesampingkan politik.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memuji beberapa menteri serta anggota DPR yang telah membuat APBN Perubahan 2013 disetujui.

Pujian itu diberikan karena para menteri terkait dan anggota DPR telah mengesampingkan politik untuk mencapai tujuan bersama yang lebih besar kendati hasilnya memuat implikasi politik. Tapi SBY juga menyinggung pihak lain.

"Saya senang, saudara yang membahas bersama rekan-rekan di Parlemen tak membawanya ke arena politik. Untuk mengatasi masalah ekonomi saat ini, itulah yang memang harus kita lakukan," ujar SBY dalam pengantar saat membuka rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Presiden menambahkan, dari apa yang terjadi dalam penetapan APBN Perubahan 2013 di DPR, rakyat akan mengerti bahwa pemerintahnya sering mengambil risiko politik demi sebuah solusi yang baik.

"Karena terus terang, kalau APBNP tak dihasilkan, saya khawatir terjadi apa-apa dengan perekonomian kita. Kalau ekonomi kita terganggu, pada akhirnya yang dirugikan seluruh rakyat Indonesia. Kita punya pengalaman seperti itu di waktu yang lalu," tegas Presiden.

Karena itu, kepada menteri yang sudah bekerja keras membahas APBN-P bersama anggota Dewan, Presiden kembali menyatakan terima kasih. "Saya senang sebagian dari kita lurus pada logika dan penalaran. Marilah kita terus seperti itu, kalau untuk menetapkan kebijakan, memilih sebuah opsi, kita bersatu. Kita kesampingkan politik masing-masing," imbuhnya.

Di lain sisi, Presiden tak menampik jika banyak hal bisa terjadi saat ini karena sudah mendekat pada Pemilu 2014. "Memang ini musim Pemilu, tahun politik. Tapi saya kira masih banyak cara-cara berpolitik yang mendidik dan tidak menimbulkan masalah yang tak perlu," tegasnya. (Ism/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.