Sukses

Demokrat: Lebih Terhormat PKS Mengundurkan Diri

Yang jelas, kata Syarief Hasan, bagi PKS pasti ada sanksi yang akan dijatuhkan karena code of conduct telah dilanggar.

Sebagai rekanan koalisi, sikap Partai Keadilan Sejahtera dinilai sudah tak dapat ditolerir partai anggota Setgab Koalisi lainnya, khususnya Partai Demokrat. Karena itu, PD menyarankan PKS untuk segera mengambil langkah yang sejalan dengan code of conduct koalisi yang telah ditandatangani partai anggota.

"Lebih terhormat mengundurkan diri," ujar Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/6/2013).

Yang jelas, lanjut Syarief, bagi PKS pasti ada sanksi yang akan dijatuhkan karena code of conduct telah dilanggar. "Bayangkan, mereka secara eksplisit sudah menyatakan tidak sejalan dengan pemerintah. Masa koalisi tapi berbeda dengan pemerintah," tegas Syarief.

Karena itu, lanjut dia, jika dilihat pada sanksi yang tertera pada code of conduct, ada 2 alternatif.

"Jika sudah melanggar, bisa mundur atau dimundurkan. Tapi saya pikir lebih terhormat mundur. Apalagi dulu waktu Presiden bikin kabinet kan mereka yang mengajukan (menteri)," tukas Syarief.

Ketiga menteri asal PKS yang ada di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri, serta Menteri Pertanian Suswono. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.