Sukses

Usai Bertemu Pelawak Bolot, Jokowi Janji Bikin Pergub `Betawi`

Gubernur Jokowi mengungkapkan telah bertemu dengan salah satu grup budaya Betawi yang diasuh oleh pelawak senior Bolot.

Kebudayaan Betawi di DKI Jakarta dinilai masih kurang diperhatikan dan dilestarikan. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan salah satu grup budaya Betawi yang diasuh oleh pelawak senior, Bolot.

Grup budaya tersebut meminta kepada Jokowi agar seni budaya Betawi termasuk kuliner khasnya, dapat dimasukkan ke hotel-hotel.

"Saya jawab, kalau ada produk yang siap kemasan untuk ditampilkan, bisa kita bentuk Pergub mewajibkan itu," kata Jokowi di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2013).

Jokowi menambahkan, produk budaya Betawi seharusnya disiapkan terlebih dulu, salah satunya menyiapkan citra budaya tersebut. Seperti kostum tradisional, alat musik, ataupun transportasi semacam delman.

"Contoh kemarin delman Betawi yang di Monas itu. Kusirnya diberi seragam. Imej akan berbeda. Produk itu yang saya maksud. Nanti juga kumpulin seniman Betawi," kata Jokowi.

Selain itu, menurutnya DKI Jakarta juga mulai membangun seni budaya di kampung-kampung dengan menghidupkan sanggar dan balai seni budaya. Dengan begitu, pemanfaatan fasilitas budaya tersebut lebih konkrit atau nyata guna mengembangkan budaya Betawi.

"Nilai ekonomi terangkat juga. Harus ada perhatian khusus. Situ Babakan ada SMK Seni Budaya Betawi, kita harapkan tahun depan bisa turut mendukung pengembangan budaya Betawi," ujar Jokowi. (Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.