[VIDEO] Harga Sembako Merangkak Menjelang Kenaikan Harga BBM

By Silvanus Alvin

on Jun 20, 2013 at 06:40 WIB

Harga bahan bakar minyak (BBM) naik. Tapi dampaknya pada harga kebutuhan pokok mulai terasa di sejumlah daerah.

Kenaikan harga bahan pokok ini dikeluhkan oleh warga khususnya ibu rumah tangga yang harus mengeluarkan anggaran belanja lebih besar, meski sumber pendapatan tetap. Harga-harga kebutuhan pokok, terutama daging ayam, telur serta sayur mayur di Pasar Induk Cianjur, Jawa Barat terus merangkak naik.

Selain dipicu oleh rencana naiknya harga BBM, kenaikan juga dipicu karena jelang datangnya bulan puasa. Buktinya, harga cabe rawit merah naik dari Rp 24 ribu menjadi Rp 45 ribu per kilo. Harga daging ayam, dari Rp 25 ribu Rp 28 ribu. Sedangkan harga telor ayam, dari Rp 18 ribu kini menjadi Rp 20 ribu.

Sementara di Klaten, Jawa Tengah, harga sembako dan sayuran juga terus naik. Harga beras yang sebelumnya Rp 7,4 ribu menjadi Rp 7,8 ribu per kilo. Kemudian, minyak goreng naik Rp 500 ratus, kini harganya menjadi Rp 11 ribu per kilo.

Selain harga sembako, harga sayuran juga ikut naik. Kenaikan harga sayuran sekitar Rp 500. Kenaikan paling tinggi terjadi pada cabe rawit, yang sebelumnya hanya Rp 25 ribu kini menjadi Rp 30 ribu.

Sedangkan, di Pasar Legi, Blitar, Jawa Timur hal yang sama juga terjadi. Harga telor dan daging ayam setiap hari berubah dan mengalami kenaikan mulai Rp 500 hingga Rp 1 ribu.

Warga menunggu tindakan nyata pemerintah agar segera menstabilkan harga yang sangat memberatkan masyarakat kecil. (Alv/Mut)

Suka artikel ini?
Silvanus Alvin
Silvanus Alvin

  Full bio »

0 Comments