Sukses

Demokrat: Koalisi Tak Kondusif, Mau Tak Mau PKS Harus Keluar

"Koalisi tidak kondusif lagi dengan ada mereka. Mau tidak mau harus keluar (dari koalisi)," kata Sutan Bhatoegana.

Partai Demokrat geram dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak pengesahan RAPBNP 2013 dalam rapat paripurna DPR pada Senin 17 Juni kemarin. Dari semua partai koalisi, hanya PKS yang menolak pengesahan RAPBN 2013. Sehingga Demokrat meminta PKS segera keluar dari Setgab Koalisi.

"Kita lihat saja nanti. Koalisi tidak kondusif lagi dengan ada mereka. Mau tidak mau harus keluar (dari koalisi)," kata Ketua DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana di Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua menilai penolakan PKS terhadap pengesahan RAPBNP 2013 sebagai puncak pengingkaran code of conduct yang ditandatangani antara partai politik peserta koalisi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Ini salah satu puncak, Setgab bisa lihat tinggal pengambilan keputusan, ini sudah sangat transparan dan rakyat sudah melihatnya," ungkap Max.

Sikap PKS dalam paripurna pada Senin malam itu merupakan perlawanan terbuka terhadap koalisi. Namun, sikap Fraksi PKS itu dinilai sangat aneh karena kader mereka yang menjadi menteri dalam Kabinet SBY justru mendukung kebijakan pemerintah.

"Sudah beda pendapat dalam rumah koalisi. Bagaimana pun ini dipertanyakan ada menteri mendukung, ini forum yang ditonton. Biar saja dilihat dulu, sudah jadi ramai pembicaraan hari ini," ungkap Max. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.