Video Kapal Selam Rusia yang Tenggelam Ditunjukkan

on

Liputan6.com, Moskow: Angkatan Laut Rusia, baru-baru ini, menunjukkan gambar video Kapal Selam K-159 yang tenggelam pada Sabtu pekan silam. Lewat video tersebut, Rusia menegaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari tenaga nuklir kapal selam itu. Gambar rekaman tim penyelam dari AL Rusia menunjukkan kapal selam K-159 tenggelam di kedalaman 238 meter dari permukaan laut Barents, Rusia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Ivanov di Moskow, mengatakan, reaktor nuklir K-159 tidak berbahaya. Sebab, reaktor nuklir telah ditutup dan diamankan sejak bekas kapal selam penyerang Rusia itu pensiun, 14 tahun silam [baca: Menhan Rusia: Bangkai K-159 Tak Berbahaya].

Kapal itu tenggelam di tengah badai ketika sedang ditarik ke tempat penampungan kapal bekas di pelabuhan semenanjung Kola. Rencananya bekas kapal selam penyerang itu akan dihancurkan dan reaktor nuklirnya bakal ditanggalkan. Kepala Staf AL Rusia, Viktor Kravchenko mengatakan, tujuh awak kapal yang terperangkap di dalam kapal diperkirakan tewas. Jenazah dua awak kapal lainnya ditemukan kemarin.

Militer Rusia sedang mempersiapkan operasi pengangkatan kapal yang diperkirakan dapat dilaksanakan tahun depan karena berbagai faktor kesulitan seperti cuaca buruk di lokasi.(COK/Nurul Larasati)
Suka artikel ini?

0 Comments