Sukses

[VIDEO] BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Meroket

Pembeli dan pedagang pun resah dengan rencana kenaikan harga BBM karena harga sembako sudah naik.

Kenaikan harga BBM belum disahkan pemerintah, namun harga kebutuhan pokok hingga sayur mayur di sejumlah daerah sudah terlebih dulu meroket. Pembeli dan pedagang pun resah dengan kondisi ini.

Liputan 6 SCTV, Senin (17/6/2013) menayangkan, harga sembako dan sayur mayur di Denpasar, Bali, sudah naik. Harga telur ayam naik dari Rp 850 menjadi Rp 1.100 per butir. Sementara harga ayam potong naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram.

Di Mandailing Natal, Sumatra Utara, harga ikan laut naik rata-rata Rp 5 ribu per kilogram akibat para nelayan kesulitan mendapatkan BBM. Sementara ayam potong naik dari Rp 7 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Kondisi ini membuat kaum ibu bingung mengatur pengeluaran.

Sementara di Grobogan, Jawa Tengah, harga bumbu dapur dan sayur mayur juga naik. Di Pasar Purwodadi, Grobogan, harga cabe kriting naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 24 ribu perkilogram. Sedangkan harga cabe rawit naik dari Rp 15 menjadi Rp 18 ribu per kilogram.

"Yang biasanya beli banyak, sekarang belinya sedikit. Omzetnya turun," kata Srikah, salah satu pedagang di Pasar Purwodadi. Masyarakat berharap pemerintah bisa mengontrol lonjakan harga ini, agar tidak semakin meroket pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran mendatang. (Eks/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini