Sukses

Mahasiswa Bakar Ban, Demo BBM di Gedung DPR Memanas

Ketegangan terjadi saat aparat memberi peringatan agar mahasiswa memadamkan api. Mahasiswa menolak.

Unjuk rasa mahasiswa yang menolak kenaikan harga BBM di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, sempat bersitegang dengan petugas. Ketegangan terjadi karena massa yang berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan aksi pembakaran.

Pantauan Liputan6.com di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, sekitar pukul 13.35 WIB, Senin (17/6/2013), mahasiswa mulai membakar ban-ban yang sudah disiapkan. Api dan asap sudah mengepul ke udara.

Sekitar 30 menit kemudian, sejumlah petugas mendekati objek yang dibakar mahasiswa. Tetapi, mahasiswa menghalau petugas dengan membentuk pagar betis sambil melingkari titik pembakaran.

Ketegangan terjadi saat aparat memberi peringatan agar mahasiswa memadamkan api. Mahasiswa menolak. Petugas berusaha merangsek. Sempat terjadi saling dorong antara mahasiswa dan petugas. Tapi akhirnya, polisi berhasil masuk dan memadamkan api.

Polisi akhirnya mengambil semua ban yang belum terbakar. Tidak ada mahasiswa yang diamankan petugas. Aksi mahasiswa terbagi dua. Pertama di depan pagar dan satu kelompok lagi berada di tengah Jalan Gatot Subroto. Sebelum ketegangan aksi bakar ban, mahasiswa juga sempat melempari petugas dengan botol air mineral. Ribuan demonstran yang berada di depan gedung DPR juga berasal dari massa buruh. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.