Sukses

[VIDEO] Redam Kenaikan BBM, Raskin-Beasiswa Disiapkan

Meski mendapat penolakan sejumlah parpol maupun gerakan mahasiswa, rencana pemerintah menaikkan harga BBM tidak terbendung lagi.

Meski mendapat penolakan sejumlah parpol maupun gerakan mahasiswa, rencana pemerintah menaikkan harga BBM tidak terbendung lagi. Untuk meredam kenaikan harga BBM, pemerintah menyiapkan raskin dan beasiswa bagi warga miskin.

Jika DPR menyetujui usulan pemerintah, maka harga premium akan naik Rp 2.000. Dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liternya. Sementara solar akan naik Rp 1.000 dari Rp 4.500 menjadi Rp 5.500 per liter.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Senin (17/6/2013), untuk meredam gejolak kenaikan harga BBM, pemerintah menyiapkan sejumlah program bagi warga tidak mampu. Bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang dianggarkan sebesar Rp 9,3 triliun. BLSM akan diberikan bagi 15,5 juta rakyat miskin.

Uang sebesar Rp 150 ribu per bulan disalurkan selama 4 bulan. Selain BLSM, pemerintah membagikan beras miskin (raskin) dan beasiswa pendidikan bagi rakyat miskin.

Sebanyak 6 partai mendukung rencana kenaikan harga BBM, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, PPP, PKB, dan Hanura. Sedangkan 3 partai yang menolak adalah PDIP, PKS, dan Gerindra.

Kenaikan harga BBM diharapkan bisa menghemat penggunaan dana APBN untuk subsidi BBM, serta memperkuat nilai tukar mata uang rupiah. Kenaikan harga BBM ini juga dikhawatirkan akan mengatrol naik harga kebutuhan pokok dan mendorong kenaikan tarif angkutan umum hingga mencapai 30 persen. (Frd/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.