Sukses

[VIDEO] Pengurangan Kuota Haji, Biro Perjalanan Resah

Pengurangan kuota jemaah haji dari pemerintah Arab Saudi juga membuat sejumlah biro perjalanan haji resah.

Pengurangan kuota jamaah haji dari pemerintah Arab Saudi terasa dampaknya di berbagai daerah di Tanah Air. Tak hanya para jamaah yang khawatir batal berangkat, biro perjalanan haji (BPH) pun resah dengan pengurangan ini.

Seperti yang ditayangkan Liputan 6 SCTV, Minggu (16/6/2013), kebijakan pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota haji tahun 2013 sebanyak 20 persen, juga berdampak besar bagi calon jamaah haji asal Bojonegoro, Jawa Timur.

Tahun ini, 1.056 calon jamaah haji, dari Bojonegoro, rencananya berangkat ke Tanah Suci. Semua sudah melunasi biaya dan tinggal menunggu keberangkatan.

Biro perjalanan haji pun resah. Seperti yang dialami BPH di Mojoanyar, Mojokerto, Jawa Timur. Sejak ada kabar pengurangan kuota haji, calon jamaah haji ramai mendatangi biro ini untuk menanyakan nasib mereka.

Namun pihak BPH belum bisa memberikan jawaban lantaran belum ada kepastian dari Kementerian Agama. Dari 130-an calon jamaah yang terdaftar, semuanya sudah melunasi biaya haji.

Di tengah kekhawatiran batal berangkat, ratusan calon jamaah haji asal Solo, Jawa Tengah, pagi tadi tetap mengikuti latihan manasik haji. Ini dilakukan sebagai persiapan bila nantinya dapat berangkat tahun ini. (Frd/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini