Sukses

[VIDEO] Duh! BBM Belum Naik, Harga Sembako Sudah Mencekik

BBM belum naik, harga sejumlah sembako telah melonjak yang membuat ibu rumah tangga menjerit.

Meski BBM belum naik, harga-harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah telah merangkah naik terlebih dulu. Seperti telur, minyak goreng, hingga ayam potong mengalami lonjakan harga yang membuat ibu rumah tangga menjerit.

Tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (15/6/2013) memberitakan, harga ayam potong di Purwakarta, Jawa Barat, naik 20 persen menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Sementara daging sapi, naik menjadi Rp 85 ribu per kilogram. Akibatnya, daya beli masyarakat pun menjadi turun.

Jelang kenaikan harga BBM dan bulan Ramadan, petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Polewali Mandar mengintensifkan razia tengkulak sembako yang bisa mendongkrak harga kebutuhan masyarakat di sejumlah pasar tradisional.

Beberapa komoditi seperti telur mengalami kenaikan dari Rp 24 ribu menjadi Rp 30 ribu untuk kemasan 30 butir. Sedangkan minyak goreng kemasan naik menjadi 10 ribu per liter dari harga sebelumnya Rp 6.000 per liter.

Kini dibutuhkan peran pemerintah untuk menstabilkan harga agar harga-harga tidak terus meroket. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini