27.577 Calon TKI Dites Bahasa Korea

  • Peristiwa
  • 0
  • 15 Jun 2013 14:13
Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggelar ujian EPS TOPIK PBT (Employment Permit System Test of Proficiency in Korean Paper Based Test) atau ujian kecakapan bahasa Korea bagi calon TKI yang akan bekerja di Korea Selatan. Ujian dilaksanakan serentak selama dua hari, Sabtu 15 Juni hinga Minggu 6 Juni di 5 kota. Yaitu Surabaya, Solo, Bandung, Jakarta, dan Medan.

"Ujian EPS TOPIK PBT Tahun 2013 yang diikuti sebanyak 27.577 calon TKI tersebut adalah hasil seleksi administrasi oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea)," kata Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Agusdin Subiantoro di Jakarta, Sabtu (15/6/2013).

HRD Korea dalam ujian EPS TOPIK PBT Tahun 2013 ini menawarkan dua sektor pekerjaan. Yaitu manufaktur dan perikanan. Sebanyak 23.684 calon TKI di antaranya mendaftar pada sektor manufaktur, dan 3.893 lainnya mendaftar pada sektor perikanan.

Agusdin menambahkan, ujian EPS TOPIK PBT digelar berkat kerjasama BNP2TKI dan HRD Korea di Indonesia. "BNP2TKI di dalam pelaksanaan ujian EPS TOPIK PBT ini hanya sebatas penyelenggara, sedangkan yang menentukan kelulusan berikut jumlah kuotanya adalah HRD Korea," jelas dia.

Dalam pelaksanaan ujian EPS TOPIK PBT Tahun 2013 ini, Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 7.800 orang yang terbagi pada 6.500 orang untuk sektor manufaktur, dan 1.300 orang untuk sektor perikanan.

"Kami berupaya mengajukan tambahan kuota lagi kepada HRD Korea selaku penyelenggara ujian EPS TOPIK PBT ini. Mudah-mudahan bisa dikabulkan," harap Agusdin.

Sebab, lanjut Agusdin, kita sudah berupaya memenuhi permintaan Pemerintah Korea mengenai pemulangan TKI yang sudah habis masa kontrak kerjanya dengan suka rela. Sehingga tak menjadi TKI overstayers (melebihi batas izin tinggal) dan kemudian menjadi ilegal.

"Pemerintah Korea memang tidak menghendaki keberadaan tenaga kerja asing (temasuk TKI) yang bekerja di negaranya secara ilegal atau non-prosedur," imbuhnya.

Peserta ujian EPS TOPIK PBT 2013 ini meningkat di banding tahun 2012 lalu yang diikuti 26.859 peserta. Kelulusan ujian akan diumumkan pada 1 Juli 2013 mendatang. (Ali/Ary)

Credit: Muhammad Ali

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler