Sukses

[VIDEO] Kuota Haji Dipotong, Jemaah Usia 75 Tahun Bisa Berangkat

Pengurangan 20 persen kuota haji 2013 memunculkan keresahan calon jamaah haji dari berbagai daerah.

Pengurangan 20 persen kuota haji 2013 memunculkan berbagai spekulasi siapa yang tertunda keberangkatannya. Calon jamaah haji dari berbagai daerah pun kian resah.
 
Keresahan batal haji dialami calon jemaah haji asal Grobogan, Jawa Tengah. Di antaranya Sularsih. Perempuan pengepul rongsokan ini was-was tak berangkat karena berkembang isu jika calon jamaah haji yang berusia di bawah 60 tahun tidak akan diprioritaskan berangkat ke Tanah Suci.

Kabupaten Grobogan akan memberangkatkan 961 jamaah di tahun 2013 ini sebelum terkena pengurangan.

Meski kabar pengurangan kuota jemaah haji mengencang, itu tak mempengaruhi calon jemaah haji asal Padang, Sumatera Barat. Mereka terus melakukan persiapan seperti mengikuti manasik haji.

"Calon jemaah yang usianya di atas 75 tahun, diprioritaskan untuk mereka," kata Pembimbing Haji, Amiruddin, dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Sabtu (15/6/2013).

Embarkasi haji Padang rencananya akan memberangkatkan 4.498 calon jemaah haji sebelum dikurangi 20 persen pada tahun ini.

Sementara dari Solo, Jawa Tengah, bayang-bayang batal berangkat naik haji terus menghantui jemaah calon haji di kota tersebut. Seluruh persiapan haji sudah dilakukan namun sejak pengumuman pengurangan kuota, kekhawatiran pun meningkat.

"Kalau nanti kita tidak bisa berangkat tahun ini, kita akan lebih terkatung-katung lagi," kata salah satu calon jemaah haji, Dina.

Pengurangan kuota dikeluarkan pemerintah Arab Saudi setelah renovasi bagian tawaf Mmasjidil Haram belum selesai. Hal ini akan berdampak pada kurangnya daya tampung jamaah haji. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pemerintah setempat pun mengurangi kuota jemaah haji seluruh dunia termasuk Indonesia hingga 20 persen. (Ali/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.