Sukses

Saan: PD Tak Incar Kursi Menteri, Hanya Tuntut PKS Istiqomah

Menurut Saan, hal itu adalah hak prerogratif presiden.

Partai Demokrat menegaskan pihaknya tak mengincar 3 kursi yang kini diduduki kader PKS. 3 Kursi menteri tersebut yakni Menteri Pertanian, Menteri Komunikasi dan Informasi serta Menteri Sosial.

Hal itu diungkapkan Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustopa dalam menanggapi pernyataan anggota Majelis Syura PKS Idris Luthfi yang menyebut Demokrat mengincar 3 kursi menteri yang diduduki PKS -- karena menuntut PKS keluar dari setgab lantaran melawan kebijakan pemerintah dalam kenaikan harga BBM.

"Kita tak pernah terpikir untuk merebut kursi menteri. Itu adalah prerogatif presiden. Kita tuntut ke PKS hanyalah kekonsistenannya saja, istiqomah kalau bahasa dia," kata Saan saat ditemui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, jumat (14/6/2013).

Saan menjelaskan, seharusnya PKS yang kini masih berada dalam koalisi harus sesuai dengan kesepahaman bersama dan harus ikut kebijakan yang sudah ditentukan koalisi. "Jadi jangan merongrong dalam koalisi. Kalau terus merongrong dan tidak sejalan dengan pemerintah, ya keluar koalisi seharusnya," terangnya.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebelumnya menilai sikap yang kerap diungkapkan beberapa Kader Partai Demokrat agar PKS mencabut 3 orang menterinya dari kabinet pemerintahan merupakan bentuk upaya untuk merebut 3 kursi tersebut.

Seperti diketahui 3 kursi menteri yang diduduki oleh kader PKS yakni Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring.

"Partai Demokrat dorong-dorong PKS keluar, supaya dapat kursi yang ditinggalkan PKS. Makanya mereka satu suara, supaya kursi eks PKS didapat," kata Anggota Majelis Syura PKS, Idris Luthfi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini