Sukses

[VIDEO] Charles Theodore Deeleman, Insinyur Inspirasi `Delman`

Setelah sempat dilarang, kendaraan yang menjadi salah satu ciri Monas ini akhirnya mendapatkan restu Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

Hore! Delman dikembalikan ke Monumen Nasional (Monas). Dengan menaiki delman, kita bisa berkeliling Monas bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi. Kereta kuda ini merupakan salah satu kendaraan yang identik dengan Batavia, sebutan Jakarta pada masa lampau. Dalam sejarahnya, delman digunakan sebagai angkutan antarkota, sebelum kereta api atau kendaraan bermotor lainnya beroperasi di Indonesia.

Penamaaan delman berasal dari penemunya, Charles Theodore Deeleman. Deeleman merupakan ahli irigasi yang memiliki bengkel besi di pesisir Batavia. Sementara orang Belanda sendiri menyebut kendaraan delman sebagai dos-a-dos, yakni sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

Setelah sempat dilarang, kendaraan yang menjadi salah satu ciri Monas ini akhirnya mendapatkan restu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi untuk memasuki kawasan ini. Tapi kuda pada delman harus dalam keadaan apik.

"Saya kan melihat, kok delman-delman Betawi ini catnya sudah lusuh? Itu harus diberi cat, sudah kami beri. Kami beri seragam juga biar kelihatan cantik," ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (14/6/2013).

Pagi tadi, Jokowi menerima puluhan kusir delman di Balaikota. Senyum para pemilik delman pun merekah. Mereka berharap, ke depannya bisa leluasa mencari nafkah. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini