[VIDEO] Pengurangan Kuota Haji Bikin Cemas

  • Peristiwa
  • 0
  • 14 Jun 2013 18:23
Para calon haji yang akan berangkat tahun ini merasa was-was tidak bisa berangkat haji. Apalagi di daerah, informasi mengenai pengurangan jatah haji belum tersosialisasi dengan baik. Seperti di Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Jumat (14/6/2013), sejumlah calon jemaah haji Mandailing Natal, Sumut, terus melakukan pengurusan kelengkapan berkas keberangkatan haji dan pelunasan cicilan ongkos haji di Kantor Kementerian Agama. Tetapi berita pengurangan jatah haji dari Indonesia, mencemaskan perasaan para calon haji yang sudah berharap berangkat ke tanah suci.

Berhaji ke Baitullah menjadi impian umat Islam. Tahun ini sebanyak 211 ribu calon haji Indonesia yang sudah bertahun-tahun menunggu untuk menunaikan rukun Islam ke-5. Namun melalui surat yang diedarkan pekan lalu, secara mendadak pemerintah Arab Saudi mengurangi kuota haji sebesar 20 persen untuk masing-masing negara. Artinya sekitar 42 ribu calon haji Indonesia terancam gagal berangkat.

Pemerintah akan menyampaikan keberatan pada Raja Arab Saudi dan meminta kuota haji Indonesia tak berkurang dari angka 211 ribu.

Jika lobi gagal, pemerintah akan menerapkan pengurangan secara adil di setiap daerah sesuai urutan daftar tunggu. Tetapi kerugian finansial akibat pengurangan kuota ini mencapai sekitar Rp 500 miliar untuk haji reguler dan khusus. Akibat pembayaran uang muka 50 persen, seperti untuk pemondokan, katering, dan transportasi. (Frd/Sss)

(Frd)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler