Sukses

PKS: Kemungkinan Mentan Suswono Dicoret Presiden SBY

Idris mengaku partainya tidak menyiapkan sikap terkait dugaan itu. Hal tersebut, lanjutnya merupakan Hak Preogratif Presiden.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mencium sikap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan mengeluarkan atau mencopot 1 menterinya di Kabinet Indonesia Bersatu. Namun PKS masih belum bisa memastikan apakah Presiden SBY mencopot 3 menteri yang merupakan kader PKS.

Seperti diketahui, saat ini PKS mendapatkan 3 jatah kursi menteri, yakni Menteri Pertanian (Mentan) Suswono, Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri, dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring.

"Ada beberapa kemungkinan ke depan, Mungkin kita dikeluarkan penuh, mungkin hanya dikeluarkan satu dua menteri. Mungkin satu dua menteri dipertahankan tapi satu menteri kita dikeluarkan dari koalisi," kata anggota Majelis Syuro PKS Idris Luthfi saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Namun menurut Idris, yang kemungkinan akan dikeluarkan dari kabinet adalah Menteri Pertanian yakni Suswono. Lantaran menurutnya Suswono yang saat ini tengah disorot terkait kasus suap penambahan kuota impor daging yang melibatkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

"Mungkin yang dikeluarkan Mentan, karena sedang terbelit kasus. Dan presiden memahami itu," ujarnya.

Meski demikian, Idris mengaku partainya tidak menyiapkan sikap terkait dugaan itu. Sebab itu merupakan Hak Preogratif Presiden. "Gak ada lah, kalau ada penunjukan menteri baru kita adakan persiapan. Masak mau dicopot kok ada persiapan," terang Idris. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini