Sukses

Ada `PRJ` Tandingan di Monas, JIExpo Tetap Jalan di Kemayoran

Meski Pemprov DKI mengadakan 'PRJ tandingan' di Monas, namun PT Jakarta Internasional Expo (JIExpo) tak memedulikannya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan resmi membuka Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013 sore nanti. PPKD itu sengaja digelar guna mengembalikan PRJ ke 'tempat tinggal' sesungguhnya, Monas, Jakarta Pusat.

Meski Pemprov DKI mengadakan 'PRJ tandingan' di Monas, namun PT Jakarta Internasional Expo (JIExpo) tak memedulikannya. Karena, dengan atau tanpa adanya PPKD itu, JIExpo akan tetap menggelar PRJ atau Jakarta Fair di Arena PRJ Kemayoran.

"Kita akan tetap jalan di PRJ Kemayoran, tetap. Dalam rangka HUT Jakarta. Dan dengan setiap pamerannya 40 persen untuk UKM," kata Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann di Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2013).

Menurutnya, akan ada 900 UKM yang akan mengikuti pagelaran Jakarta Fair yang diadakan JIExpo. "Kami di sini punya 900 UKM. Di sana (PPKD) kita lihat ada berapa banyak UKM," ucap Ralph.

Pada Jumat sore nanti, pameran yang bertajuk PPKD 2013 akan dibuka Pemerintah Provinsi DKI di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Konsep pameran ini berbeda dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair yang saat ini tengah digelar di Kemayoran Jakarta.

PPKD ini oleh Pemprov DKI sengaja ditujukan untuk pameran berbagai produk usaha kecil dan menengah (UKM). Sehingga lebih murah dan terjangkau rakyat kebanyakan. Ada sekitar 80 UKM yang mengikuti pameran ini. Baik peserta maupun pengunjung pameran juga tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

PPKD yang akan berlangsung selama 3 hari ke depan ini diselenggarakan sebagai persiapan dikembalikannya PRJ ke kawasan Monas pada tahun 2014 mendatang. Mengingat ditilik sisi sejarah, pada tahun 1968, PRJ pertama kali memang dihelat di Monas. Namun karena peserta dan pengunjung terus bertambah, maka sejak tahun 1992, PRJ dipindahkan ke kawasan Kemayoran.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menilai PRJ saat ini lebih banyak didominasi oleh industri besar. Berbeda jauh dengan konsep PRJ pertama kalinya.

Jokowi menegaskan tidak main-main dengan rencana memindahkan pagelaran acara Pekan Raya Jakarta (PRJ) ke Monas seperti dulu. Dengan demikian, acara tersebut dapat dinikmati semua lapisan masyarakat. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini