Sukses

[VIDEO] Siap-siap! `PRJ Tandingan` Dibuka di Monas Sore Ini

Pameran produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) akan dibuka di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pameran produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) akan dibuka di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Konsep pameran ini berbeda dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang saat ini tengah digelar di Kemayoran Jakarta.

Pada Jumat (14/6/2013) sore nanti, pameran yang bertajuk Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013, Provinsi DKI Jakarta akan dibuka di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sejak pagi, sejumlah peserta sudah bersiap mengikuti pameran tersebut. Demikian yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV.

Pameran ini lebih mengedepankan produk-produk UKM, sehingga lebih murah dan terjangkau rakyat kebanyakan. Ada sekitar 80 UKM yang mengikuti pameran ini, baik peserta maupun pengunjung pameran tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

PPKD yang hanya berlangsung 3 hari ini diselenggarakan sebagai persiapan dikembalikannya PRJ ke kawasan Monas pada tahun 2014 mendatang.

Awalnya sejak tahun 1968, PRJ memang digelar di Monas, karena peserta dan pengunjung terus bertambah. Sejak tahun 1992, PRJ dipindahkan ke kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

PPKD memang berbeda jauh dengan PRJ yang juga tengah digelar di JIExpo Kemayoran. PRJ yang diikuti sekitar 2.800 peserta ini disebut-sebut sebagai pameran terbesar dan terlama se-Asia Tenggara.

Panitia menargetkan 4,8 juta pengunjung dengan target transaksi sekitar Rp 4,5 triliun selama 32 hari pameran. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menilai PRJ saat ini lebih banyak didominasi oleh industri besar.

PRJ Tandingan?

Lantas, dengan diadakan pameran yang merakyat ini, Pemprov DKI berencana menandingi PRJ di JIExpo? Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok membantahnya.

"Bukan tandingan. Kenapa mau tanding? Pekan Raya Jakarta kan barang kita. Kok tanding? Beda konsep. Kita mau kembalikan konsep PRJ yang dulu," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Rabu 12 Juni.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menambahkan, pada Jumat 14 Juni Pemrov DKI akan menggelar PPKD 2013 di Lapangan Silang Monas Barat Daya (pintu masuk Tugu Kuda). Nantinya, Pemrov DKI akan mengkaji kelebihan dan kekurangan PPKD tersebut, apakah dapat diterapkan pada pesta rakyat Juli mendatang.

"Kita mau lihat dulu PPKD jalannya seperti apa. Juli nanti ada lagi kegiatan. PRJ sekarang kan kayak expo tingkat dunia untuk menengah ke atas. Yang Pak Gubernur (Jokowi) mau kan mikro menengah ke bawah," tutup Ahok. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini