Sukses

Dilarang Pakai Celana Melorot di Pantai New Jersey! Denda US$ 200

Bagi yang melanggar, bakal didenda sampai US$ 200 atau sekitar Rp 2 juta.

Dilarang pakai celana melorot! Aturan itu baru saja diberlakukan di Pantai Wildwood, Negara Bagian New Jersey, Amerika Serikat.

Bagi yang melanggar, bakal didenda sekitar US$ 25 (sekitar Rp 248 ribu) sampai US$ 100 (sekitar Rp 1 juta). Atau bisa mencapai US$ 200 untuk yang melakukan pelanggaran berulang.

Seperti dimuat BBC.co.uk, Jumat (14/6/2013), larangan ini mulai dirancang sejak maraknya pengunjung pantai yang mengenakan celana melorot. Warga dan pengunjung lain mengaku risih dengan banyaknya pemandangan tak pantas. Mereka tak nyaman melihat penampakan bokong terlihat di sekitar pantai.

Oleh karena itu, diputuskanlah aturan larangan memakai celana melorot lebih dari 3 inci atau 7,6 cm di bawah pinggul. Khusus di pantai Kota Wildwood.

Tak hanya itu, aturan yang cukup konyol juga diputuskan, yakni mewajibkan pengunjung memakai sepatu dan kemeja di pantai.

Walikota Wildwood Troiano mengaku, pihaknya kerap menerima laporan dari pengunjung dan warga bahwa banyak orang yang mempertontonkan bokong mereka di pantai. Bahkan ada yang berjanji tidak akan berkunjung ke tempat wisatanya lagi. Karenanya, ia menetapkan aturan ini.

"Bila Anda punya keluarga baik, yang menelepon Anda dan bilang, 'Saya sudah datang di sini sejak 20, 30, 40 tahun lalu dan saya tidak akan lagi datang karena saya tak akan membiarkan anak atau orangtua atau kakek-nenek saya melihat beberapa anak muda berjalan menyusuri pantai dengan mempertontonkan pantat mereka', Anda harus melakukan sesuatu," cetus Walikota Troiano.

Tren Celana Melorot

Selain dilarang mengenakan celana melorot, wajib pakai kemeja dan sepatu, ternyata memakai bikini juga telah dilarang sebelumnya.

Dalam hukum terbaru, polisi wajib memberikan peringatan keras kepada setiap orang yang melanggar pertama kali. Para pelanggar juga bisa ditahan selama 40 jam.

Tren celana melorot bermula di penjara AS. Para tahanan tidak diperbolehkan untuk memakai sabuk, hingga akhirnya terpaksa mengenakan celana melorot. Gaya ini kemudian menyebar dan diadopsi sejumlah artis hip-hop dan digandrungi anak muda.

Di tahun 2008, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dalam pidatonya mengatakan, "Saudara-saudara, segeralah naikkan celana Anda. Ketika Anda berjalan dengan ibumu, nenekmu, apakah Anda akan seperti itu? Beberapa orang mungkin tidak ingin melihat celana dalammu. Satu di antara mereka adalah saya." (Riz/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.