Sukses

[VIDEO] JK Nilai Tepat BLSM Kompensasi Kenaikan Harga BBM

Kenaikan harga BBM ini diperkirakan akan menghemat anggaran hingga Rp 42 triliun.

Langkah pemerintah untuk memberlakukan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai tepat oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Program ini sama dengan yang bantuan langsung tunai (BLT) yang pernah dijalankan pemerintah saat pria yang akrab disapa JK itu menjabat sebagai wapres.

"Efektif. Untuk mengurangi efek kepada angkutan, kepada barang-barang yang naik. Tidak ada pengaturan yang sebaik ini," kata JK dalam tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (13/6/2013).

Kenaikan harga BBM ini diperkirakan akan menghemat anggaran hingga Rp 42 triliun. Sebanyak Rp 30 triliun akan digunakan untuk berbagai program kompensasi, seperti subsidi beras keluarga miskin, beasiswa, program keluarga harapan dan bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM).

Untuk membagikan BLSM, pemerintah akan membagikan kartu perlindungan sosial (KPS). Kartu ini akan dibagikan ke lebih 15 juta warga miskin di seluruh Indonesia sebagai kompensasi pengurangan subsidi BBM. (Ndy/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini