Sukses

Ahok Mau Beli SMK Dewi Sartika, Kepsek: Saya Belum Dengar

Wagub DKI Jakarta Ahok berencana akan membeli 3 sekolah di wilayah Jakut. Salah satunya adalah SMK Dewi Sartika.

Pemprov DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berencana akan membeli 3 sekolah di daerah Jakarta Barat. Berdasarkan informasi, salah satu sekolah yang akan dibeli itu adalah SMK Dewi Sartika di Jalan Tanjungduren I, Perumahan Kompleks Greenville, Durikepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kepala Sekolah SMK Dewi Sartika, Bambang Sumiran mengatakan, pihaknya belum mengetahui mengenai rencana Pemprov DKI untuk membeli sekolah yang dipimpinnya itu.

"Saya sendiri belum dengar itu ya," ucap Bambang di SMK Dewi Sartika Greenville, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Mendengar adanya isu soal pembelian sekolahnya itu, Bambang mengatakan, semua urusan itu diserahkannya kepada pemilik Yayasan Dewi Sartika. "Kalau soal itu saya serahkan kepada pemilik yayasan. Soalnya itu bukan wewenang saya untuk mengeluarkan pendapat," tutur Bambang.

Sebelumnya Ahok mengaku telah menerima laporan ada 2 sekolah swasta yang mengalami kebangkrutan. 2 Sekolah itu mengaku sudah tidak mampu mengelola penyelenggaraan pendidikan mereka. "Ada 2 sekolah kalau tidak salah. Di Jakarta Barat," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Selasa 11 Juni lalu.

Rencananya, Pemprov DKI membeli lahan sekolah tersebut dan mengalihkan statusnya menjadi sekolah negeri. Kebijakan tersebut diambil guna membenahi sekolah yang bangkrut itu. Sebab, beberapa sekolah swasta itu selama ini cukup membantu murid-murid yang kurang mampu.

Langkah mengambil alih sekolah swasta menjadi sekolah negeri sejauh ini masih dalam kajian Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Kebijakan itu telah diketahui oleh Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.