Sukses

Presiden Megawati Meresmikan Rusun Cinta Kasih

Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi di Cengkareng, Jakbar, diperuntukkan bagi warga bantaran Kali Angke yang sering terkena banjir. Kemarin, rusun itu diresmikan Presiden Megawati.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Megawati Sukarnoputri meresmikan Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/8). Presiden ditemani Taufik Kiemas, suaminya, Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah Soenarno, Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Direktur Perum Perumnas Latief Malangyudho, Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, dan Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Mayor Jenderal TNI Djoko Santoso. Rombongan Presiden disambut lantunan lagu yang mencerminkan harapan bagi masa depan cerah yang dinyanyikan sejumlah guru yang mengajar di sekolah yang ada di perumahan itu.

Rumah Susun Cinta Kasih Tzu Chi yang didirikan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia--berpusat di Taiwan--diperuntukkan bagi warga bantaran Kali Angke yang sering terkena banjir dengan luas areal mencapai lima hektare. Untuk menyewa satu unit rumah susun, warga dikenakan biaya sebesar Rp 90 ribu [baca: Warga Kali Angke ke Rusun Cinta Kasih]. Selain 55 blok bangunan rumah susun yang teridiri dari 1.100 unit, kawasan ini dilengkapi dengan sekolah dan poliklinik. Biaya pembangunannya mencapai Rp 60 miliar, berasal dari sumbangan berbagai pihak. Sayangnya, fasilitas yang cukup lengkap ini, di mata penghuni, masih kurang memuaskan.

Warga memang sudah menempati Rusun Cinta Kasih sejak sekitar sebulan silam. Saat ditemui SCTV, sejumlah warga mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan selama tinggal di kawasan itu. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah berencana membangun balai latihan kerja. Sedianya, BLK ini bisa memberikan pendidikan dan latihan bagi warga yang mempermudah mereka mencari pekerjaan yang lebih layak.(SID/Eva Yunizar dan Anto Susanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.