Sukses

Polda Papua Periksa Atasan Aiptu Labora Pemilik Rekening Rp 1,5 T

Tito enggan menyebutkan hasil pemeriksaan apakah ada indikasi keterlibatan atasan Aiptu Labora, polisi pemilik rekening Rp 1,5 miliar itu.

Penyidikan kasus rekening gendut seorang perwira Polres Raja Ampat, Aiptu Labora Sitorus, terus didalami. Sejumlah atasan Aiptu Labora pun sudah diperiksa.

"(Atasannya Labora) sudah (diperiksa), itu dalam termasuk penyidikan. Kapolres-kapolres ada beberapa. Itu pun mabes polri yang periksa," kata Kapolda Papua, Irjen Tito Karnavian di sela serah terima jabatan 11 kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Namun Tito membantah, penyidikan berlangsung tertutup dan lamban. Meski demikian, Tito enggan menyebutkan hasil pemeriksaan apakah ada indikasi keterlibatan atasan Aiptu Labora, polisi pemilik rekening Rp 1,5 triliun itu.

"Dia kuak dulu anatomi kasusnya kan, dia kuak, terus baru nanti kita kembangkan yang lain," ungkapnya.

Sebelumnya, bersama Labora dan 2 rekan bisnisnya yang menjadi direktur PT Rotua dan PT Seno Adiwijaya, IN dan JL telah ditetapkan menjadi tersangka kasus transaksi bernilai Rp 1,5 Milyar.

Labora kini diancam pasal 3, 4, 5, dan atau 6 dari Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang serta Pasal 78 ayat 5 dan 7 Jo Pasal 50 ayat 3 huruf f dan h UU Kehutanan, serta UU Migas. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.