Sukses

Berbaju Betawi, Jokowi Hadiri Tahlilan Malam Ke-4 Taufiq Kiemas

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi juga hadir di rumah duka meski terlambat.

Sejumlah pelayat terus mendatangi rumah duka almarhum Taufiq Kiemas di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Selatan, Minggu (9/6/2013) malam. Setelah Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla atau yang biasa disapa JK hadir dan ikut memanjatkan doa bersama para pelayat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi juga hadir di rumah duka meski terlambat.

Pantauan Liputan6.com di kediaman almarhum Taufik Kiemas, Jokowi tiba di rumah duka pada pukul 21.45 WIB dengan menggunakan kendaraan pribadi yakni mobil jenis Toyota Kijang B 1124 BH. Namun uniknya, Jokowi tampil dengan gaya sederhana menggunakan pakaian khas betawi yakni baju koko dengan dikalungi sarung dan peci hitam.

Jokowi menjelaskan bahwa kehadirannya kerumah duka dengan menggunakan baju ala betawi bukan disengaja untuk bergaya, namun kehadirannya dengan menggunakan baju betawi itu karena dirinya baru pulang kerja usai menghadiri persiapan HUT Jakarta di kawasan Gambir dan Pasar Baru.

"Pakai baju betawi ini karena saya habis dari Gambir dan Pasar Baru," ungkap Jokowi saat ditemui di rumah duka Almarhum Taufik Kiemas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, Jokowi juga menjelaskan kehadirannya yang telat karena dirinya bekerja sampai malam untuk mempersiapkan perayaan HUT DKI Jakarta di tahun 2013. Namun dirinya telah memerintahkan Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati untuk menjadi tuan rumah dalam menyambut para pelayat yang hadir di malam keempat almarhum Taufiq Kiemas.

"Ya kan saya habis kerja selesainya malam lalu langsung kesini, kan disini juga ada Camat yang menggantikan saya sesaat," tuturnya.

Dalam tahlilan di malam keempat ini, tausiah atau ceramah untuk menghormati almarhum Taufik Kiemas dipimpin oleh. Prof. DR. KH. Jalaludin Rachmat. Para mantan dan pejabat negara serta kolega-kolega almarhum juga terus berdatangan untuk memanjatkan doa.

Taufiq Kiemas meningal pada Sabtu 8 Juni, setelah dirawat di Singapore General Hospital. Kesehatan suami mantan Presiden Megawati Soekarnoputri ini menurun setelah melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Presiden Boediono ke Ende, Nusa Tengara Timur dalam rangka peringatan Hari Pancasila. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini