Sukses

Fraksi di DPR Tolak BK Beberkan Absensi Dewan

Semua fraksi di DPR sepakat untuk menjaga tingkat presensinya saat rapat paripurna digelar.

Membeberkan rekapitulasi absensi rapat paripurna, Badan Kehormatan (BK) DPR sempat diprotes. Banjir protes, BK tetap akan membuka hasil absensi anggota dewan pada setiap masa sidangnya.

"Dalam rapat dengan pimpinan fraksi DPR, BK menuai banyak protes terkait pembeberan absensi para anggota Dewan. Tak apa-apa, nanti juga akan tetap kami buka di setiap masa sidangnya," kata Ketua BK Trimedya Panjaitan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Untuk itu, lanjut dia, BK tengah maraton menertibkan absensi anggota dewan yang membolos. Hal ini akan dimulai dari penertiban absensi rapat paripurna. "Paripurna saja sudah bikin mumet (pusing) begini," cetus Trimedya.

Meski begitu, semua fraksi di DPR sepakat untuk menjaga tingkat presensinya saat rapat paripurna digelar. Meskipun 2 fraksi tak menghadiri rapat ini. Para pimpinan fraksi pun meminta BK mengirimkan surat terkait penertiban absensi ini.

"Suratnya akan disampaikan lewat sekretaris. Gerindra dan Hanura yang tak hadir," ujarnya.

"Kami bersepakat, walaupun tahun politik, pimpinan fraksi berjanji akan meningkatkan (kehadiran) itu secara maksimal," tutup Trimedya. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.