Jokowi Undang Raja-raja Sedunia Desember

  • Peristiwa
  • 0
  • 11 Jun 2013 13:24

jokowi-pantai-130611b.jpg
Pada akhir 2013, DKI Jakarta akan didaulat menjadi tuan rumah Pagelaran Agung Keraton sedunia. Nantinya, acara pagelaran tersebut akan mengundang raja-raja seluruh nusantara dan juga melibatkan kerajaan di seluruh dunia.

"Rencana tanggal 5 sampai 8 Desember, tuan rumahnya Jakarta, nanti akan datang raja-raja seluruh nusantara, dan dunia. Dari Eropa, Asia, Afrika nanti kumpul semua," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Jokowi menjelaskan, selain sebagai ajang pertemuan para raja-raja nusantara dan dunia itu, nantinya juga akan dilakukan pagelaran dan pertunjukan budaya dari masing-masing kerajaan.

"Nanti juga akan semacam karnaval raja-raja, kirab dengan menggunakan kereta kencana, lalu juga ada pameran pusaka-pusaka kerajaan, dan juga seminar atau diskusi tentang keraton," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, pertemuan raja-raja sedunia ini diselenggarakan Forum Silaturahim Keraton Nusantara (FSKN) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta. Dengan diselenggarakannya forum raja-raja sedunia ini di Jakarta, dapat dijadikan sebagai ajang promosi DKI Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata turis mancanegara.

"Ini kan kesempatan untuk memperkenalkan Jakarta. Dan ini bisa dijadikan sebagai ajang dalam rangka membangun brand Jakarta sebagai pusat kebudayaan nusantara," ucap Jokowi.

Jokowi pun memastikan acara ini akan berjalan sukses, terlebih dengan munculnya dukungan dari seluruh keraton atau kerajaan di seluruh nusantara yang juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

"Yang confirm mau dateng banyak. Di Indonesia saja ada sekitar 140-an keraton, belum nanti dari Eropa, Asia, Afrika. Di Eropa itu misalnya ada dari kerajaan Inggris, Belanda, Monaco. Itu nanti juga di undang," tutur Jokowi. (Ary/Sss)

Credit: Ary

Terpopuler