Sukses

TKI Tewas Korban Kerusuhan KJRI Dimakamkan di Jeddah

Kepastian itu didapat setelah pihak KJRI Jeddah menghubungi keluarga korban yang berada di Jeddah maupun di Madura.

Marwah bin Hasan, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tewas akibat kerusuhan yang terjadi di luar gedung Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Jeddah pada Minggu 9 Juni. Warga negara Indonesia asal Bangkalan, Madura itu akan dimakamkan di Jeddah, Arab Saudi.

"Mengenai musibah korban jiwa akibat insiden ini, pihak keluarga sudah dihubungi baik di Arab Saudi maupun di Indonesia. Pamannya di Madura sudah dihubungi dan mereka memilih untuk dimakamkan di Arab Saudi," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurut Marty, pemakaman di Jeddah itu merupakan permintaan dari pihak keluarga. Kepastian itu didapat setelah pihak KJRI Jeddah menghubungi keluarga korban yang berada di Jeddah maupun di Madura.

Untuk biaya proses pemakaman tersebut, lanjut Marty, semua sudah ditanggung pemerintah Indonesia melalui perwakilan KJRI di Jeddah. Marty tegaskan, keluarga tidak akan ditarik pungutan biaya pengurusan jenazah hingga pemakaman.

"Semua sudah dibantu dari perwakilan kita di Jeddah. Sehingga keluarga tidak dibebankan lagi," tegas Marty.

Insiden terjadi saat ribuan WNI mengantre berjam-jam untuk mengurus kebijakan amnesti atau pengampunan yang diberikan pemerintah Arab Saudi. Massa yang kecewa akhirnya melakukan aksi bakar-bakaran di luar gedung. Kericuhan tak dapat dihindari. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini