Sukses

Pengamat: Caleg Dapat Nomor Urut Sekian, Indikatornya Apa?

Hingga saat ini, tidak diketahui parameter parpol untuk memilih caleg-caleg yang diusungnya.

Nama-nama calon anggota legislatif yang diusung partai politik masih seperti 'kucing dalam karung'. Tidak ada keterlibatan rakyat dalam penentuan caleg di masing-masing partai politik. Hal itu dikhawatirkan membuat kualitas anggota DPR terpilih tidak akan berubah.

Demikian disampaikan pengamat politik dari Pol-Tracking Institute Hanta Yudha. Menurut Hanta, permasalahannya bukan pada saat pemilihan. "Tetapi di tahapan seleksi di parpol yang parameternya belum bisa diakses dan tidak melibatkan publik," ucap Hanta dalam diskusi Center for Information & Development Studies (Cides) di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2013).

Hingga saat ini, lanjut Hanta, tidak diketahui parameter parpol untuk memilih caleg-caleg yang diusungnya. "Indikatornya apa? Kenapa masuk ke nomor sekian?" tanya dia.

Alhasil, caleg yang memiliki modal finansial dan popularitas tanpa ada integritas ataupun kapabilitas, dapat dengan mudah dipilih secara terpaksa oleh publik. "Jadi ini terkonfirmasi bahwa kekuatan uang dan kapital mengalahkan yang lain," imbuh Hanta.

Hanta menyimpulkan publik perlu dilibatkan dalam seleksi caleg tiap partai. Jadi publik tahu mana yang baik yang harus dipilih. "Media pun juga jangan menginformasikan yang tidak hadir rapat atau bolos saja, tapi diangkat juga yang benar-benar bekerja agar bisa terpilih lagi," kata Hanta.

Bagi pengamat politik lainnya, Indria Samego, sesama caleg dari partai yang sama bisa juga terjadi 'saling tikam' demi mendapatkan kursi DPR. Perebutan kursi legislatif, terang Indria, sudah seperti free market.

"Bukan hanya persaingan antarparpol tapi antarcaleg internal partai juga berjuang saling menjatuhkan. Jadi jangan heran jika masyarakat sering kecewa," tutur Indria. (Ism/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini