Sukses

Mahfud MD: Hukum di RI Jelek karena Aparatnya

Menurut Mahfud, negara ini sudah mempunyai ideologi Pancasila yang kuat dan mempunyai integritas luas.

Banyaknya kecaman terhadap budaya hukum dengan komentar sinis yang mengatakan hukum Indonesia tidak baik dibantah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD. Menurutnya yang harus disalahkan adalah aparat penegak hukumnya.

"Kalau dikatakan budaya Hukum Indonesia jelek, saya sangat setuju. Karena hukum di Indonesia sudah dengan konsep yang baik. Namun kenapa jadi terlihat jelek karena ya hukumnya tidak tegak karena aparatnya yang belum menjalankan tugasnya dengan baik," kata Mahfud MD di seminar 'Mau Dibawa Kemana Indonesia' di Grand Sahid Jaya Hotel, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (11/6/2013).

Menurut Mahfud, negara ini sudah mempunyai ideologi Pancasila yang kuat dan mempunyai integritas luas. Sehingga, negara ini tidak terlalu sulit untuk menentukan arah yang benar.

Namun, munculnya gejala intoleransi, lanjut Mahfud, di Indonesia sering terjadi kekerasan politik. Karena munculnya intoleransi mayoritas terhadap minoritas yang tidak terdeteksi oleh aparat penegak hukum.

"Jadi masalah di Indonesia yang sekarang adalah terletak tidak pada penegakkan hukum. Itulah yang harus diurus jika ingin Indonesia ingin lebih maju lagi," ujarnya. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini