Sukses

Kemenhub: Pesawat Tidak Sulit Mendarat di Bandara El Tari

Kemenhub menyatakan pesawat tak sulit mendarat di Bandara El Tari, karena memiliki landasan yang cukup panjang.

Insiden hard landing dialami Pesawat Merpati jenis MA 60 di Bandara El Tari, Kupang, NTT, Senin 10 Juni. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti, Bandara El Tari memiliki landasan yang cukup panjang.

"Bandaranya itu tidak terlalu sulit, panjang landasannya 2.500 meter dan datar," kata Herry dalam jumpa pers di Kemenhub, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Menurut Herry selama ini landasan Bandara El Tari tidak pernah ada masalah. "Selama ini tidak ada masalah. Tidak susah untuk landing di situ," ujarnya.

Sebelumnya, Pesawat Merpati jenis MA 60 dengan nomor penerbangan MZ 6517 rute Bajawa-Kupang mengalami hard landing di runway 07 Bandara El Tari, Kupang, NTT, sekitar pukul 09.40 Wita. Saat itu pesawat membawa 45 penumpang dewasa, 1 penumpang bayi, dan 4 kru pesawat.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun 20 orang mengalami luka ringan. Sedangkan 5 orang lainnya termasuk kapten pilot pesawat mengalami luka serius dan langsung dilarikan ke RSU WZ Yohanes Kupang. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.