Sukses

Penggantian Panglima TNI, Agus: 3 Kepala Staf Angkatan Cocok

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya soal pengganti Panglima TNI kepada Presiden.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menyatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya soal pengganti Panglima TNI kepada Presiden SBY.

"Pengganti Panglima TNI adalah yang menjabat sebagai kepala staf angkatan," kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/6/2013).

Untuk siapa yang paling berpotensi menggantikan. Menurut Agus ketiga kepala staf angkatan semua memiliki potensi untuk menjadi Panglima TNI.

"Tiga-tiganya memenuhi syarat, yang menentukan Presiden. Menurut saya semuanya cocok, karena sudah menjadi kepala staf angkatan, menurut saya cocok," ujar Agus.

Ketiga kepala staf angkatan yang dimaksud Agus adalah KSAD Jenderal TNI Moeldoko, KSAU Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, dan KSAL Laksamana TNI Marsetio.

SBY akan mengganti Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada Agustus atau September mendatang.

SBY mengatakan, pergantian itu dilakukan karena Panglima TNI akan memasuki masa pensiun. Sedangkan untuk Kapolri, masa jabatannya hingga Januari 2014. Namun demikian, Kapolri dianggap memiliki tugas penting berkaitan dengan Pemilu 2014, sehingga waktu pergantiannya tak bisa dilakukan pada saat yang berdekatan dengan pemilu. (Frd/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.