Pesawat Patah di Kupang, Merpati: Pesawat Laik Terbang

  • Peristiwa
  • 0
  • 10 Jun 2013 11:39

merpati-lagi130610b.jpg
PT Merpati Nusantara Airlines menegaskan pesawat yang mengalami kecelakaan di Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, dalam kondisi baik. Pesawat pun tak mengalami kerusakan.

"Pesawat dalam posisi laik terbang," kata Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines Herry Saptanto dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Senin (10/6/2013).

Herry menjelaskan, pesawat nahas tersebut baru 2 tahun digunakan Merpati. "Pesawat tersebut pertama kali digunakan di Merpati sejak Desember 2010," jelasnya.

Mengenai ganti rugi, Herry berjanji Merpati akan melakukannya sesuai aturan. "Adapun soal penanganan bagasi, muatan barang, dan pengobatan diatur sesuai UU Penerbangan," jelasnya.

Pesawat Merpati dengan nomor penerbangan MZ 6517 jurusan Bajawa-Kupang mengalami hard landing di runway 07 Bandara El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, pukul 09.40 Wita. Saat itu pesawat membawa 45 penumpang dewasa, 1 penumpang bayi, dan 4 kru pesawat.

"Seluruh penumpang dan kru pesawat selamat dan dibawa ke VIP Lounge, dan 1 penumpang dewasa dibawa ke RS AURI," kata Herry.

Pesawat nahas tersebut pertama kali terbang pada pukul 07.40 dengan rute Kupang-Bajawa. Kemudian pada pukul 09.00, pesawat kembali menuju Kupang.

Menurut rencana pesawat tersebut selanjutnya akan menerbangi rute Kupang–Waingapu PP dan Kupang–Alor PP. "Dengan adanya kejadian ini Merpati akan menyiapkan pesawat pengganti agar pelayanan ke kota–kota tersebut tidak terganggu," ujarnya. (Ary/Yus)

Credit: Ary

Terpopuler