Sukses

Kampanye Lingkungan, Bersepeda Tanpa Busana Keliling Mexico City

Mengapa tanpa busana? Untuk memperlihatkan betapa rapuhnya tubuh manusia akibat polusi.

Ribuan pesepeda tanpa busana berkeliling Kota Mexico City, Meksiko untuk memperingati 'World Naked Bike Ride' atau bersepeda telanjang dunia. Aksi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pesepeda demi keselamatan berkendara. Juga untuk mengkampanyekan pengurangan bahan bakar minyak (BBM).

Sekitar 300 pesepeda berkonvoi mengelilingi Mexico City. Sebagian besar tanpa busana sama sekali. Pesepeda lainnya hanya mengenakan celana pendek.

Pihak panitia menyebutkan, aksi bersepeda bugil ini juga untuk memperlihatkan betapa rapuhnya tubuh manusia akibat polusi. Juga agar para pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintas jalan.

Salah satu peserta pesepeda telanjang, Mila, menanggalkan pakaian adalah cara terbaik untuk mendemonstrasikan keselamatan pengedara. Menurut dia, mengendarai sepeda di Meksiko sangat berbahaya, karena banyak pengendara lain yang ugal-ugalan.

"Di Meksiko, mengendarai sepeda adalah mimpi buruk. Kecelakaan dapat menimpa kapan saja," kata seorang peserta pesepeda telanjang, Mila, seperti dilansir BBC, Minggu 9 Juni 2013. 

Pesepeda lain, Yovana Floyd, pun mengaku takut bersepeda di Meksiko. "Kami selalu ketakutan dan tidak tahu apakah dapat pulang dengan selamat," ujarnya.

World Naked Bike Ride mulai diadakah sejak 9 tahun silam di Kanada. Acara ini telah menjadi acara tahunan di sejumlah kota di berbagai dunia. (Riz/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini