Kereta Contoh untuk Monorel Telah Tiba di Monas

  • Peristiwa
  • 0
  • 09 Jun 2013 21:22

monoreail-130609c.jpg
Gerbong kereta contoh untuk monorel yang rencananya dipamerkan pada 22 Juni bertepatan dengan hari ulang tahun DKI Jakarta telah tiba di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat sejak Minggu (9/6/2013). Kereta itu dikirim langsung dari China.

Direktur Teknik PT Jakarta Monorail, Bovanantoo mengatakan, kereta contoh tersebut telah tiba dari pabriknya, perusahaan CNR Changchun Railway Vehicle Co, Ltd, China pada awal Juni ini. Kereta tersebut saat ini masih dipersiapkan untuk dipamerkan tepat pada HUT DKI Jakarta nanti.

Menurutnya, bila telah resmi dipamerkan, warga DKI Jakarta dapat mengetahui bagaimana bentuk kereta monorel yang rencananya akan mulai dibangun pada 2013 ini.

"Pengujung Monas nanti bisa merasakan bagaimana sensasi naik Monorel. Kapasitas per gerbong mencapai 200 penumpang duduk dan berdiri. Selain itu, gerbong monorel juga akan dilengkapi baris untuk handicap (kursi roda)," kata Bovanantoo.

Dengan didatangkanya kereta contoh ini, kata Bovanantoo, pihaknya ingin menunjukkan kalau PT Jakarta Monorail tidak hanya serius dalam mengurus dokumen-dokumen yang akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, namun juga sekaligus ingin mensosialisasikan pembangunan monorel kepada warga DKI Jakarta.

"Memenuhi kebutuhan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh pemerintah, kami juga menghadirkan kereta contoh yang nantinya akan melayani warga Jakarta," ujarnya.

Berdasarkan gambar yang diterima Liputan6.com, gerbong contoh yang akan dipamerkan itu merupakan salah satu rangkaian gerbong bagian kepala kereta. Kereta contoh itu tampak apik dengan bagian depan berwarna hitam dan pada bagian kanan dan kirinya berwarna putih dan biru.

Kereta itu terlihat belum siap dan belum bisa dimasuki warga. Warga  hanya dapat melihat dari luar bentuk kereta. (Mut)

Credit: Raden Trimutia Hatta

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler