Sukses

Kado Taufiq Kiemas `Sulap` Mahfud Jadi Gagah

Kado dari almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas itu tidak akan hilang dari kenangan mantan Ketua MK Mahfud MD.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memiliki banyak kenangan tersendiri secara pribadi dengan almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Salah satu kenangan yang tak dapat dilupakan oleh Mahfud MD ketika Taufiq Kiemas menghadiri hari ulang tahunnya dan memberikan kado yang cukup mahal dan 'menyulap' dirinya menjadi gagah.

"Dulu ketika saya jadi Menhan, dia kirim dasi dan jas, karena apa, dia telepon saya, 'ah saya mau kirim jas biar Menhan saya itu gagah'," tutur Mahfud menirukan ucapan mendiang Taufiq Kiemas di Jakarta, Minggu (9/6/2013).

"Pengalaman pribadi saya sama beliau cukup banyak. Terakhir dia datang di hari ulang tahun saya dan peluncuran buku saya," kata Mahfud.

Almarhum pada saat itu, lanjut Mahfud, datang secara mendadak ke kediaman pribadi Mahfud. Mahfud mengaku tidak memiliki persiapan apapun untuk menyambut almarhum yang datang kala itu.

"Memberi tahunya mendadak, tiba-tiba beliau datang saja ke rumah. Waduh, kan saya kan merasa tidak enak, ini bukan acara resmi negara. Saya tidak punya protokoler. Dia bilang, 'Pak Taufiq enggak perlu protokoler, hanya mau ketemu Pak Mahfud saja, hanya karena Pak Mahfud ulang tahun'," cerita Mahfud.

Mahfud pun menilai sosok Taufiq Kiemas sebagai pribadi yang terbilang cukup 'santai'.

"Tetapi dia langsung mempraktikkan nilai-nilai dasar yang diyakini. Dan itu yang kemudian banyak pengaruhnya," jelas Mahfud.

Hal itu seperti 4 pilar kebangsaan yang sering disuarakan terus oleh almarhum. Mahfud mengatakan, masyarakat sudah banyak phobia dengan 4 pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Tetapi Pak Taufiq mengatasi itu lagi, sehingga mudah dicerna dan menjadi ngerti," tutup Mahfud. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini