Sukses

Guruh Soekarnoputra Gantikan Taufiq Kiemas Jadi Ketua MPR?

Taufiq Kiemas meninggal dunia saat statusnya masih menjadi pimpinan lembaga negara, Ketua MPR RI.

Taufiq Kiemas meninggal dunia saat statusnya masih menjadi pimpinan lembaga negara, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Meninggalkan kursi jabatan dan tugas-tugas yang masih diembannya,

Siapa yang akan menggantikan suami Megawati Soekarnoputri itu sebagai orang nomor satu di MPR?

Sejumlah spekulasi beredar, salah satunya menyebut nama putra bungsu Soekarno dari Ibu Fatmawati, Guruh Soekarnoputra.

Ditanya soal kemungkinannya melenggang ke MPR, Guruh menyebut, itu bisa saja terjadi. "Untuk MPR ya bisa saja nanti. Misalnya masa sidang MPR, partai mengusulkan ya bisa saja," kata Guruh, Minggu (9/6/2013).

Namun, Guruh mengaku tak pernah diperintahkan Megawati secara khusus menggantikan Taufiq Kiemas.

Apalagi, dia menambahkan, mekanisme pemilihan Ketua MPR bukan dari keluarga atau partai. "Mekanismenya tidak begitu, bukan dari keluarga atau partai," ujar dia.

Taufiq Kiemas meninggal dunia di Singapura pada pukul 19.05 waktu setempat atau 18.05 WIB. Taufiq sebelumnya dirawat di General Hospital Singapura akibat kelelahan setelah menjalankan tugas Negara pada 1 Juni 2013 di Ende, Nusa Tenggara Timur, dalam rangka memperingati kelahiran Pancasila.

Karier politik Taufik dimulai sejak saat masih mahasiswa dengan menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) dan terpilih sebagai anggota DPR/MPR pada 1992.

Selama rezim Orde Baru, karier politik Taufik banyak dikebiri oleh penguasa. Perjalanan politiknya mulai cemerlang ketika Soeharto tumbang usai merezim Tanah Pertiwi selama 32 tahun. Terakhir Taufik menjadi Ketua MPR di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini