Sukses

Jokowi: Pesan Taufiq Kiemas Mulai Enteng Hingga Berat, Semua Ada

Bagi Jokowi, Kiemas merupakan sosok yang mudah bergaul dengan semua golongan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku banyak mendapat pesan dari almarhum Taufiq Kiemas. Saking banyaknya, pria yang karib disapa Jokowi itu tidak bisa menyebutkan satu persatu pesan dari suami Megawati Soekarnoputri ini.

"Banyak sekali, karena sering ketemu jadi banyak. Yang enteng-enteng, yang berat-berat semuanya ada. Saya tida bisa sebutin satu-satu," kata Jokowi di Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Bagi Jokowi, Kiemas merupakan sosok yang mudah bergaul dengan semua golongan, mulai kalangan muda hingga tua. Tak sekedar bergaul, Kiemas juga sering meminta masukan dari kaum muda yang ditemuinya.

"Beliau sosok yang dekat dengan anak-anak muda. Beliau jadi suka meminta masukan-masukan hal yang terbaru yang ada di anak muda. Artinya beliau memang dekat dengan siapa pun. Bisa lintas partai, lintas semua, bisa lintas etnis, bisa jadi jembatan, lintas generasi juga beliau bisa. Saya kira itu yang saya lihat paling berkesan," jelas dia.

Mantan Walikota Solo, Jawa Tengah ini, juga mengapresiasi langkah Kiemas yang gigih memperjuangkan tegaknya 4 pilar kehidupan berbangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Itu memang peninggalan terbesar dari Pak Taufik Kiemas," ujar Jokowi.

Jokowi merupakan kader PDIP yang berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2012 silam. Sementara, Kiemas merupakan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP. Sebagai kader, Jokowi mengaku bangga kepada Kiemas. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini